EKA.006 - Peranan Pemeriksaan Operasional Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan

BAB V
KESIMPULAN 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang penulis lakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pemeriksaan operasional berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan kartu TelkomFlexi di PT.Telkom Bandung, kesimpulan didukung oleh fakta :
  1. Pemeriksaan operasional yang dilakukan oleh PT.Telkom Bandung sudah memadai, hal ini terbukti dengan terpenuhinya kriteria-kriteria dari pemeriksaan operasional yang terdiri dari : 

    • Independensi Pemeriksa Operasional dimana struktur organisasi dibuat oleh Direktur Utama PT.Telkom Bandung yang menempatkan internal auditor dalam posisi yang tidak mengharuskan dan memungkinkan mereka terlibat dalam aktivitas perusahaan dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama. Juga tidak adanya hubungan keluarga atau kerabat antara auditor dan objek yang diperiksa dan adanya kebijakan-kebijakan dan peraturan-peraturan yang ditetapkan oleh bagian audit internal  itu sendiri. 
    • Kompetensi Pemeriksa Operasional dimana para auditor yang ada di PT.Telkom Bandung rata-rata merupakan sarjana-sarjana program S1 dan S2 dari berbagai universitas dan sekolah tinggi dari jurusan akuntansi dan manajemen yang mempunyai potensi sebagai pemeriksa. Kemudian mampu menguasai, mamahami dan ahli dalam bidang akuntansi dan bidang auditing, menjalani pelatihan teknis dan pendidikan selama beberapa bulan untuk meningkatkan jenjang karier sebagai auditor dan juga untuk menambah wawasan sebagai auditor. Mempelajari, memahami dan menerapkan ketentuan-ketentuan baru dalam prinsip akuntansi dan standar pemeriksaan yang ditentukan, dan mempunyai penilaian yang objektif tanpa adanya keterkaitan dengan objek yang diperiksa sehingga pemeriksaannya dapat diandalkan.