EKA.021 - Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Dividend Payout Ratio. Pada Perusahaan Kosmetik Dan Kebutuhan Rumah Tangga

BAB I 
PENDAHULUAN 

1.1  Latar Belakang Masalah 

Dunia bisnis dan ekonomi pada saat ini banyak menghadapi berbagai problematika dan berbagai masalah, salah satunya adalah masalah dalam kebijakan dan pembayaran dividend hal ini mempunyai dampak yang sangat penting baik bagi para investor maupun bagi perusahaan yang akan membayarkan dividendnya. 

Pada umumnya para investor mempunyai tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraannya yaitu dengan mengharapkan return dalam bentuk dividend maupun capital gain. Dilain pihak, perusahaan juga mengharapkan adanya pertumbuhan secara terus menerus untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, yang sekaligus juga harus memberikan kesejahteraan yang lebih besar kepada para pemegang sahamnya. 

Tentunya hal ini akan menjadi unik karena kebijakan dividend adalah sangat penting untuk  memenuhi harapan para pemegang saham terhadap dividend, dan di satu sisi juga tidak harus menghambat pertumbuhan perusahaan.